Biaya Balik Nama Kendaraan Kota Palembang Serta Syarat Nya

Balik Nama Palembang – Untuk melakukan proses balik nama, Anda harus mengetahui beberapa hal, antara lain berkas persyaratan, biaya, serta cara balik nama motor maupun mobil. Oleh karena itu, silahkan simak artikel berikut untuk mendapatkan informasi balik nama Palembang.

Berapakah biaya balik nama Palembang? Biaya balik nama motor bekas Palembang adalah 2/3 dari pajak tahunan + SWDKLLJ motor Rp. 35.000 + PKB + Penerbitan TNKB Rp. 60.000 + Penerbitan STNK Rp. 100.000 + Penerbitan BPKB Rp. 225.000. Namun, tarif ini belum proses pendaftaran.

Pada artikel “Balik Nama Palembang”, kami membahas tentang :

Cek Biaya Balik Nama (BBN2) Palembang Melalui Aplikasi Android

Biasanya calon pembeli kendaraan bermotor bekas, tidak hanya melakukan pertimbangan harga beli kendaraannya, tetapi juga biaya balik nama.

Untuk biaya balik nama kendaraan bermotor di Palembang, baik motor atau mobil senilai 2/3 dari PKB. Namun, untuk biaya pajak, SWDKLLJ, penerbitan TNKB, BPKB, dan STNK antara mobil dan motor berbeda.

Oleh karena itu, kami teleh menyiapkan suatu alat penghitung perkiraan biaya balik nama mobil dan motor yang dapat Anda akses secara gratis melalui Aplikasi Balik Nama, seperti pada penjelasan gambar berikut.

Cara Penggunaan Aplikasi Balik Nama

aplikasi balik nama

Selain menyediakan layanan hitung biaya balik nama, Aplikasi Balik Nama juga dilengkapi layanan cek tarif pajak sesuai asal wilayah kendaraan bermotor.

Bagi Anda yang penasaran dan ingin mencoba secara langsung bagaimana cara kerja Aplikasi Balik Nama dan fitur apa saja di dalamnya, silahkan download Aplikasi Balik Nama melalui tombol di bawah ini.

Alamat Kantor Samsat Palembang

Pemilik motor atau mobil bekas di Palembang yang ingin merubah status kepemilikan kendaraan atau balik nama (BBN2) harus memprosesnya di Kantor Samsat yang terdaftar.

Untuk proses balik nama BPKB di Palembang dapat Anda lakukan di Ditlantas Polda Sumsel yang beralamat Jl. POM IX, Lorok Pakjo, Kec. Ilir Barat I, Kota Palembang.

Kemudian, untuk proses pembuatan STNK dan TNKB baru ssuai kecamatan domisili KTP Anda, di Palembang terdapat beberapa Kantor Samsat, antara lain Kantor Samsat Palembang I yang berada di Jl. Kapten A. Rivai, 26, Ilir Barat I, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Biaya Balik Nama (BBN2) Kendaraan Bermotor Palembang

Berikut daftar rincian bea balik nama motor dan mobil di Palembang :

Biaya Balik Nama (BBN2) Motor Palembang

Rincian PembayaranTarif
Penerbitan BPKBRp. 225.000
Penerbitan TNKBRp. 60.000
Penerbitan STNKRp. 100.000
SWDKLLJ MotorRp. 35.000
PKB MotorCek melalui Aplikasi Balik Nama atau STNK
Proses Balik Nama (BBN2)2/3 dari PKB
Pendaftaran Balik Nama (BBN2)Rp. 70.000 – Rp. 100.000 (Tergantung peraturan Kantor Samsat)

Biaya Balik Nama (BBN2) Mobil Palembang

Setelah mengetahui besaran biaya balik nama motor di Palembang, bagi Anda pemilik kendaraan roda 4, mungkin Ada penasaran dengan besaran tarif balik nama mobil.

Biaya balik nama mobil bekas Palembang adalah 2/3 dari PKB + Pajak Tahunan + SWDKLLJ mobil + Penerbitan TNKB Rp. 100.000 + Penerbitan STNK Rp. 200.000 + Penerbitan BPKB Rp. 375.000.

Namun, tarif ini belum termasuk biaya pendaftaran, dan tagihan tambahan apabila Anda terkena denda pajak, dsb.

Rincian PembayaranTarif
Penerbitan BPKBRp. 375.000
Penerbitan TNKBRp. 100.000
Penerbitan STNKRp. 200.000
SWDKLLJ MobilRp. 143.000
PKB MobilCek melalui Aplikasi Balik Nama atau STNK
Proses Balik Nama (BBN2)2/3 dari PKB
Pendaftaran Balik Nama (BBN2)Rp. 70.000 – Rp. 100.000 (Tergantung peraturan Kantor Samsat)

Untuk tarif pajak dapat Anda cek pada notice pajak atau TBPKB (biasanya diletakkan di balik STNK) atau dapat Anda cek secara online melalui Aplikasi Balik Nama.

Sekedar informasi, bagi Anda yang ingin mendapatkan keringanan dalam pembayaran biaya balik nama (BBN2), silahkan mengikuti program pemutihan yang biasa diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah (Bapenda).

Dalam program pemutihan denda pajak, biasanya terdapat program pembebasan atau pemberian diskon bea balik nama kendaraan juga.

Dokumen Persyaratan Balik Nama Palembang

Untuk proses balik nama (BBN2) kendaraan bermotor Palembang, Anda harus menyiapkan beberapa dokumen syarat berikut :

  • Tanda bukti identitas / KTP asli dan fotokopi
  • BPKB asli dan fotokopi
  • STNK asli dan fotokopi
  • Kuitansi pembelian atau akta hibah surat keterangan waris bermaterai
  • Surat keterangan hasil cek fisik
  • Fotokopi KTP (untuk proses cek pajak progresif)

Keterangan : Apabila proses balik nama dilakukan oleh orang lain (diwakilkan), silahkan Anda menyertakana surat kuasa bermaterai. Kemudian, masukkan seluruh berkas persyaratan ke dalam satu map.

Cara Balik Nama (BBN2) Kendaraan Bermotor Palembang

  1. Silahkan ambil nomor antrian untuk pendaftaran cek fisik kendaraan bermotor.

    Untuk melakukan proses cek fisik, biasanya Anda akan dibantu oleh petugas Samsat. Lokasi untuk cek fisik berada di depan gedung Ditlantas Polda Sumatera Selatan. Setelah petugas selesai membantu Anda melakukan cek fisik, Anda akan mendapatkan hasil cek fisik, dan jangan lupa untuk disahkan.
    Lokasi pengesahan surat keterangan hasil cek fisik, biasanya dilakukan di loket cek fisik. Namun, untuk memastikannya silahkan bertanya kepada petugas.

  2. Silahkan masuk ke dalam Kantor Samsat untuk proses pendaftaran.

    Setelah Anda selesai melakukan proses cek fisik, Anda akan mendapatkan formulir pendaftaran balik nama yag harus diisi, dan jangan lupa untuk mengambil nomor antrian.

  3. Tunggu sebentar sampai nomor antrian Anda dipanggil, untuk menuju loket BBN II.

    Saat nomor antrian Anda dipanggil menuju loket BBN II, berikan seluruh dokumen persyaratan yang telah dimasukkan dalam map kepada petugas. Setelah berkas Anda dinyataka lengkap, Anda akan diberi nomor antrian untuk melakukan proses pembayaran.

  4. Selanjutnya, lakukan pembayaran penerbitan BPKB di loket BRI.

    Setelah proses pendaftaran balik nama di loket BBN II selesai, Anda akan dipanggil untuk menuju loket BRI untuk membayar biaya penerbitan BPKB motor senilai Rp. 225.000 atau mobil senilai Rp. 375.000.

  5. Kemudian, silahkan Anda kembali ke loket BBN II untuk proses perubahan BPKB.

    Di loket BBN II akan dilakukan proses perubahan data pemilik kendaraan. Proses ini membutuhkan waktu sekitar 20 menit. Setelah itu, Anda akan mendapatkan BPKB baru.

  6. Setelah itu, silahkan Anda menuju Kantor Samsat Jl. Kapten A. Rivai untuk cetak STNK & TNKB.

    Di Kantor Samsat Jl. A. Rivai Anda akan melakukan proses pencetakan STNK dan TNKB. Untuk proses pendaftarannya, silahkan Anda menuju layanan informasi.

  7. Masukkan berkas persyaratan ke loket 4.

    Berikan seluruh berkas persyaratan termasuk fotokopi BPKB kepada petugas loket 4, dan tunggu nama Anda dipanggil untuk melakukan pembayaran.

  8. Tunggu dipanggil (sekitar 15 menit), untuk melakukan pembayaran.

    Setelah Anda dipanggil, silahkan menuju loket 4 untuk membayar pajak, STNK, & TNKB. Kemudian, Anda akan mendapatkan bukti pembayaran, dan silahkan tunggu untuk proses pencetakan STNK.

  9. Silahkan menuju ke bagian cetak plat nomor baru.

    Setelah STNK selesai dicetak, silahkan Anda menuju ruang cetak plat yang berada di belakang parkiran dengan membawa bukti pembayaran STNK. Kemudian, tunggu sekitar 1 menit untuk mengambil TNKB yang telah dicetak.

Catatan : Apabila Anda masih bingung terhadap penjelasan yang kami informasikan, atau terdapat perubahan prosedur dari pihak Kantor Samsat, silahkan Anda bertanya langsung ke petugas (layanan informasi).

Jasa Balik Nama Motor & Mobil Palembang

Proses balik nama kendaraan bermotor memerlukan kesabaran, karena harus mengikuti ketentuan sesuai dengan prosedur yang berlaku. Namun, untuk mempersingkat waktu, biasanya wajib pajak memilih melakukan balik nama melalui layanan jasa.

Di Palembang ada lebih dari satu biro jasa yang menyediakan layanan balik nama, salah satunya yaitu Biro Jasa STNK (UD Inara) yang berada di Jl. Sirna Raga (Belakang Masjid Darussaid) No. 16, RT. 17/ RW. 05, Kec. Ilir Timur III, Kota Palembang, atau Anda dapat menghubungi 08125052433.

Namun, Anda tidak perlu heran jika seluruh total biaya balik nama melalui biro jasa akan lebih mahal, jika dibanding dengan mengurusnya sendiri.

Download Aplikasi pajak kendaraan online