Cara Balik Nama Tanpa Kuitansi dan Contoh Kuitansi Nya

balik nama tanpa kuitansi – Dalam proses balik nama, terdapat sejumlah dokumen persyaratan yang wajib dibawa. Salah satunya adalah bukti transaksi kendaraan/kuitansi.

Namun, bagaimana jika kuitansinya hilang? Apakah proses balik nama tetap bisa dilakukan tanpa kuitansi? Simak jawabannya pada penjelasan berikut ini.

Sebelum Anda melakukan pengurusan balik nama kendaraan tanpa kuitansi, ada baiknya Anda melakukan pengecekan biaya balik nama kendaraan. Unduh Aplikasi Balik Nama Kendaraan berikut untuk dapat melakukan pengecekan balik nama secara mudah dan cepat.

Daftar Isi :

Manfaat Kuitansi Transaksi Kendaraan dalam Pengajuan Balik Nama

Surat kuitansi kendaraan bermotor memiliki berbagai manfaat dalam prosedur balik nama, antara lain :

  • Menunjukkan identitas pemilik baru kendaraan
  • Menampilkan kesepakatan harga yang akurat antara pemilik lama dan pemilik baru
  • Kwitansi yang lengkap dengan materai dan dibubuhi tanda tangan, merupakan surat berharga yang sah bagi hukum
  • Salah satu syarat balik nama motor maupun mobil.

Balik Nama Kendaraan Bermotor Tanpa Kuitansi

Apabila Anda lupa dimana menaruh kwitansi atau surat tersebut hilang, ada satu cara terbaik yang dapat dilakukan sebelum mengurus balik nama.

Cara tersebut adalah dengan membuat kwitansi jual beli yang baru lagi dengan menyertakan tanda tangan pemilik yang lama. Untuk proses pengulangan ini Anda sebaiknya menemui pemilik lama agar kwitansi Anda ini sifatnya legal.

Isi dari Kuitansi Jual Beli Kendaraan Bermotor

Ada 2 jenis kuitansi untuk balik nama kendaraan bermotor, yaitu kuitansi asli yang berasal dari pembelian kendaraan pertama (menyatu dengan BPKB nya) dan kuitansi biasa yang bisa dibuat secara manual.

Kuitansi asli yang merupakan bawaan dari BPKB pertama, berbentuk seperti lembaran yang panjang. Terdiri dari 4 strip kwitansi yang dapat dipotong. Kwitansi tersebut berwarna putih polos dengan motif yang standar (hitam putih).

Untuk desain kertas kwitansi yang manual, rata-rata hampir sama. Hanya berbeda dari segi warna, motif dan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan.

Kwitansi kendaraan manual dibuat oleh penjual kendaraan bekas dengan mengikuti ketentuan yang berlaku dari Samsat, pada saat melakukan transaksi jual beli kendaraan tersebut.

Format kwitansi untuk jual beli kendaraan umumnya sama. Biasanya, di dalam kuitansi jual beli kendaraan terdapat informasi penting seperti berikut ini :

  • Nama lengkap pembeli kendaraan
  • Nomor Seri Kuitansi (jika pembelian kendaraan dilakukan di dealer khusus kendaraan bekas)
  • Besarnya nilai kendaraan yang di beli
  • Tempat dan tanggal pembelian
  • Tanda tangan pembeli diatas materai 6.000/10.000
  • Tanda tangan penjual kendaraan tersebut
  • Jumlah dan Identitas Kendaraan (merk, warna, plat nomor, no. rangka, no. mesin)

Contoh Kuitansi Jual Beli Kendaraan Bermotor Untuk Balik Nama

Secara umumnya, kuitansi jual beli kendaraan dibuat dalam bentuk manual dengan menggunakan tulisan tangan diatas materai.

Di bawah ini dapat Anda perhatikan contoh kuitansi polos dan manual yang biasa digunakan untuk kuitansi jual beli kendaraan bermotor.

Contoh kwitansi polos yang asli bawaan dari BKPB Pertama :

kuitansi kendaraan baru

Contoh kwitansi manual yang dibuat sendiri oleh penjual kendaraan bekas :

kuitansi kendaraan bekas

Cara Balik Nama Kendaraan Apabila Kuitansi Hilang/Rusak

Di bawah ini dapat Anda simak cara melakukan balik nama tanpa kuitansi kendaraan :

  1. Temui pemilik terakhir yang namanya tercantum di surat BPKB untuk membuat kuitansi baru yang lengkap.
  2. Jika kuitansi yang baru sudah jadi, bisa disimpan bersama dengan dokumen persyaratan balik nama untuk dibawa ke Samsat setempat.
  3. Anda bisa langsung mengunjungi kantor Samsat guna melakukan cek fisik kendaraan terlebih dulu untuk mendapatkan surat hasil cek fisik kendaraan.
  4. Setelah mendapatkan surat hasil cek fisik kendaraan, serahkan semua berkas kepada petugas pengecekan data.
  5. Tunggu petugas mengecek kelengkapan data Anda. Petugas akan memberitahukan persyaratan apa yang kurang atau jika sudah lengkap, Anda akan dipersilahkan untuk mendaftarkan diri sebagai pemohon balik nama.
  6. Serahkan berkas yang Anda bawa tersebut kepada petugas data entry untuk diregistrasikan. Anda bisa menunggu petugas sambil mengisi formulir permohonan balik nama.
  7. Jika Anda sudah selesai mengisi formulir, berikan kepada petugas untuk memperoleh nomor panggil.
  8. Petugas akan memanggil Anda untuk melakukan pembayaran sejumlah tagihan untuk BPKB di loket BRI. Anda akan memperoleh struk pembayaran dan notifikasi pajak melalui ponsel.
  9. Anda juga dapat melakukan pembayaran di kasir apabaila terdapat tambahan pembayaran untuk kategori lainnya (semisal pembayaran untuk STNK, Plat Nomor Kendaraan dst)
  10. Ambil semua berkas Anda yang baru diterbitkan oleh petugas Samsat.
  11. Setelah 2 minggu kemudian, BPKB Anda yang baru sudah bisa diambil. Untuk pengambilan ini, akan ada pesan khusus dari kantor Samsat untuk informasi jadwalnya (waktu dan tempat pengambilan).

Pertanyaan Umum Terkait dengan Kuitansi untuk Kendaraan Balik Nama.

Apakah kuitansi manual itu sah untuk digunakan dalam proses balik nama?

Kuitansi manual akan diakui sah secara hukum apabila terdapat tanda tangan penjual diatas materai 10.000. Kuitansi manual dapat digunakan untuk pengurusan balik nama.

Siapakah pihak yang dapat membuat kuitansi jual beli kendaraan?

Kuitansi manual atau pengganti biasanya dibuat oleh penjual kendaraan bekas dengan mengikuti ketentuan dari Samsat.

Apakah saya dapat membuat kuitansi sendiri?

Hal tersebut dapat dilakukan, namun masuk ke dalam tindakan yang illegal. Jika tindakan Anda ini diketahui oleh petugas, akan dikenai Pasal 263 KUHP (Kitab Undang-Undang Hukum Pidana) tentang pemalsuan dokumen.

Download Aplikasi pajak kendaraan online