Syarat Balik Nama Kendaraan Bermotor dan Biaya Nya

Balik Nama – Perubahan identitas kepemilikan kendaraan bermotor, biasanya dilakukan oleh pembeli mobil atau motor bekas melalui proses balik nama (BBN2). Untuk mengetahui tarif, persyaratan serta prosedur proses balik nama, silahkan simak artikel berikut.

Berapa biaya balik nama motor? Biaya balik nama motor adalah 2/3 dari PKB + pajak tahunan + SWDKLLJ motor Rp. 35.000 + penerbitan BPKB Rp. 225.000 + penerbitan STNK Rp. 100.000 + penerbitan TNKB Rp. 60.000. Biaya tersebut belum termasuk biaya pendaftaran balik nama.

Untuk mengetahui besaran biaya balik nama secara lebih akurat, Anda dapat mendownload Aplikasi Balik Nama melalui tombol berikut ini.

Advertisements
Advertisements

Pada artikel “Balik Nama Kendaraan Bermotor” kami membahas tentang :

Cek Biaya Balik Nama Via Aplikasi Android

Di era digitalisasi, Anda dapat melakukan pengecekan besaran biaya balik nama kendaraan hanya dengan menggunakan suatu aplikasi Android.

Dalam aplikasi tersebut, Anda akan mendapatkan layanan cek besar biaya balik nama maupun jadwal pemutihan balik nama. Aplikasi tersebut dapat Anda akses dengan mudah dan gratis.

Berikut cara penggunaan aplikasi balik nama kendaraan via apikasi Android.

Cara Penggunaan Aplikasi Balik Nama

aplikasi balik nama

Untuk bisa mendapatkan aplikasi dan mengakses aplikasi tersebut, Anda dapat mendownloadnya melalui tombol berikut.

Biaya Balik Nama (BBN2) Kendaraan Bermotor

Berikut rincian biaya balik nama motor dan mobil :

Biaya Balik Nama Motor

Rincian PembayaranTarif
Pendaftaran balik nama (BBN2)Rp. 70.000 – Rp. 100.000 (Tergantung aturan Kantor Samsat)
Proses balik nama (BBN2)2/3 dari Pajak Tahunan
Pajak Pokok Tahunan (PKB)Cek STNK atau Aplikasi Cek Pajak
SWDKLLJ MotorRp. 35.000
Penerbitan BPKBRp. 225.000
Penerbitan STNKRp. 100.000
Penerbitan TNKBRp. 60.000

Biaya Balik Nama Mobil

Biaya balik nama mobil adalah 2/3 dari PKB + pajak tahunan + SWDKLLJ motor Rp. 143.000 + penerbitan BPKB Rp. 375.000 + penerbitan STNK Rp. 200.000 + penerbitan TNKB Rp. 100.000. Biaya tersebut belum termasuk biaya pendaftaran balik nama.

Rincian PembayaranTarif
Pendaftaran balik nama (BBN2)Rp. 70.000 – Rp. 100.000 (Tergantung aturan Kantor Samsat)
Proses balik nama (BBN2)2/3 dari Pajak Tahunan
Pajak Pokok Tahunan (PKB)Cek STNK atau Aplikasi Cek Pajak
SWDKLLJ MobilRp. 143.000
Penerbitan BPKBRp. 375.000
Penerbitan STNKRp. 200.000
Penerbitan TNKBRp. 100.000

Syarat Balik Nama (BBN2) Motor dan Mobil

Untuk melakukan proses balik nama (BBN2) di Kantor Samsat, Anda harus menyiapkan beberapa dokumen persyaratan berikut.

  • KTP asli dan fotokopi (pemilik baru)
  • STNK asli dan fotokopi
  • BPKB asli dan fotokopi
  • Hasil cek fisik kendaraan bermotor
  • Kuitansi pembayaran sebagai bukti jual – beli

Apabila proses balik nama tidak Anda lakukan sendiri (diwakilkan), silahkan untuk membawa surat kuasa.

Cara Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN2)

  1. Bawa dokumen persyaratan ke Kantor Samsat

    Sebelum melakukan pendaftaran, silahkan untuk mempersiapkan dokumen persyaratan yang diperlukan dan fotokopi.

  2. Lakukan cek fisik kendaraan bermotor

    Untuk mendapatkan hasil cek fisik, gesek nomor rangka dan mesin. Proses penggesekan ini biasanya akan dibantu oleh petugas Samsat.

  3. Kemudian, lakukan pendaftaran proses balik nama (BBN2)

    Setelah seluruh dokumen persyaratan lengkap, silahkan isi formulir pendaftaran, dan kumpulkan ke bagian loket pendaftaran balik nama.

  4. Lakukan pembayaran balik nama (BBN2) kendaraan bermotor

    Untuk biaya proses balik nama, tagihan yang harus Anda dibayarkan sebesar 2/3 dari pajak tahunan. Selain itu, Anda juga harus melakukan pembayaran pajak, penerbitan TNKB dan STNK.

  5. Lakukan pembayaran penerbitan BPKB

    Untuk biaya penerbitan BPKB yang harus dibayarkan pemilik kendaraan roda 2 dan 3 senilai Rp. 225.000. Sedangkan, biaya penerbitan BPKB mobil sebesar Rp. 375.000.

  6. Silahkan ambil STNK & TNKB baru yang telah diterbitkan

    Apabila proses pembayaran telah selesai, Anda akan diarahkan untuk mengambil STNK dan TNKB (kosong).

  7. Silahkan menuju ke ruang cetak TNKB ntuk pengambilan TNKB

    Berikan TNKB kosong kepada petugas di ruang cetak TNKB. Kemudian, tunggu hingga Anda dipanggil untuk mengambil TNKB yang telah dicetak.

  8. Ambil BPKB baru yang telah diterbitkan

    Pengambilan BPKB biasanya dilakukan setelah beberapa hari dari proses balik nama, atau sesuai tanggal yang telah dijadwalkan oleh petugas.
    Untuk pengambilan BPKB, biasanya Anda akan diminta untuk membawa bukti pembayaran, dan fotokopi KTP.

Catatan : Kendaraan yang terblokir, biasanya Ada akan diarahkan ke loket verifikasi terlebih dahulu untuk membuka blokirannya.

Balik Nama (BBN2) Pajak Mati

Bagi pemilik kendaraan bermotor dengan kondisi pajak mati, maka Anda selesaikan terlebih dahulu tagihan pembayaran pajak dan dendanya, kemudian Anda baru dapat melakukan proses balik nama.

Oleh karena itu, saat Anda membeli kendaraan bermotor bekas sebaiknya mengecek kondisi pajaknya terlebih dahulu, untuk menghindari pengeluaran biaya yang banyak.

Balik Nama Mobil dan Motor Leasing

Untuk melakukan proses balik nama mobil dan motor leasing, Anda harus mengunjungi kantor leasing atau kredit terlebih dahulu untuk meminjam BPKB atau meminta surat keterangan leasing.

Balik Nama (BBN2) Kendaraan Bermotor Terblokir

Sesuai dengan aturan UU No, 22 Tahun 2009 Pasal 74 ayat (1 dan 2), kendaraan bermotor dapat terblokir atau telah dihapus dari registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor karena beberapa hal berikut :

  • Permintaan dari pihak pemilik kendaraan bermotor
  • Kendaraan bermotor yang mengalami rusak berat dan tidak dapat beroperasi
  • Tidak dilakukan proses registrasi ulang, sekurang – kurangnya 2 tahun setelah masa berlaku STNK pajak 5 tahunan habis.

Selain itu, peraturan penghapusan registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor juga dimuat dalam Peraturan Kepala Kepolisian RI No. 5 Thn 2012 Pasal 1 Ayat (17).

Oleh karena itu, bagi pemilik mobil atau motor yang telah terblokir, harus melakukan proses balik nama untuk mengaktifkan kembali izin operasionalnya.

Balik Nama dari Perusahaan ke Pribadi

Proses balik nama kendaraan bermotor dari perusahaan ke pribadi, biasanya dilakukan oleh seseorang yang membeli mobil bekas suatu instansi atau perusahaan.

Saat melakukan balik nama kendaraan bermotor dari perusahaan menjadi milik pribadi, Anda perlu menyiapkan dokumen persyaratan tambahan, antara lain :

  • Surat pelepasan dari perusahaan yang dibubuhi tanda tangan petingginya
  • Tanda izin usaha / daftar perusahaan.

Balik Nama dari Perorangan ke Perusahaan

Apabila sebuah perusahaan ingin melakukan proses balik nama kendaraan bermotor yang dibeli dalam kondisi bekas dengan atas nama kepemilikan pribadi, maka ada beberapa persyaratan yang perlu ditambahkan, antara lain :

  • Fotokopi SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) milik perusahaan
  • Fotokopi NPWP milik perusahaan
  • Fotokopi SKPD milik perusahaan
  • Fotokopi tanda daftar perusahaan
  • Surat kuasa penanggung jawab pihak perusahaan untuk proses balik nama.

Balik Nama Kendaraan Bermotor Luar Daerah + Mutasi

Bagi Anda yang baru saja membeli kendaraan bermotor yang berasal dari luar daerah, dan hendak merubah identitas kepemilikan, Anda dapat melalui proses balik nama.

Namun, jika Anda juga ingin merubah alamat kepemilikan kendaraan bermotor sesuai domisili Anda yang berada di luar daerah, maka sebelum melakukan proses balik nama, silahkan melakukan mutasi terlebih dahulu.

Proses mutasi terdapat 2 jenis, mutasi masuk, dan mutasi keluar. Mutasi keluar dilakukan ketika Anda melakukan pencabutan berkas di Kantor Samsat asal kendaraan terdaftar, sedangkan mutasi masuk dilakukan di Kantor Samsat tujuan.

Balik Nama Lewat Biro Jasa

Untuk melakukan proses balik nama memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan layanan dari biro jasa untuk memproses balik nama kendaraan bermotor.

Namun, biaya proses balik nama yang melalui biro jasa lebih mahal, jika dibanding dengan melakukan pembayaran secara mandiri. Berdasarkan informasi yang kami dapatkan, biaya balik nama melalui biro jasa sekitar Rp. 1 juta hingga Rp. 3 juta.

Saat Anda telah memutuskan untuk mengurus proses balik nama melalui layanan biro jasa, pastikan Anda memilih biro jasa yang terpercaya, dan yjangan terlalu terpaku dengan biaya jasa yang murah.

Info Balik Nama Kendaraan Bermotor Gratis

Di waktu tertentu Pemerintah daerah atau Bapenda menyelenggarakan program pembebasan atau diskon biaya balik nama dan denda pajak kendaraan bermotor.

Biasanya untuk program pemberian diskon atau pembebasan biaya balik nama, bersamaan dengan program pemutihan denda pajak.

Bagi Anda yang ingin mengetahui tanggal penyelanggaraan pemutihan kendaraan bermotor di beberapa daerah di Indonesia, silahkan cek pada menu “Cek Jadwal Pemutihan Kendaraan” pada Aplikasi Cek Pajak.

Namun, Anda juga tetap harus mengecek apakah pada program pemutihan yang diselenggarakan terdapat diskon atau pembebasan biaya balik nama.

Download Aplikasi pajak kendaraan online