Biaya Mutasi Sekaligus Balik Nama Kendaraan Bermotor

Mutasi Sekaligus Balik Nama – Proses mutasi sekaligus balik nama dapat dilakukan di kantor samsat. Proses ini agak rumit namun bisa diselesaikan sendiri. Maka sebelum melakukan, simak artikel “Mutasi Sekaligus Balik Nama” yang membahas syarat, biaya dan cara mutasi sekaligus balik nama.

Bagaimana cara mutasi sekaligus balik nama? Biaya mutasi sekaligus balik nama motor adalah Rp. 150.000 + Balik nama Rp. 75.000-100.000 + STNK Rp. 100.000 + BPKB Rp. 225.000 + TNKB Rp. 60.000 + SWDKLJJ Rp. 35.000 + pajak tahunan.

Pada artikel “Mutasi Sekaligus Balik Nama”, kami akan membahas tentang:

Berkas Persyaratan Mutasi Sekaligus Balik Nama

Saat melakukan Mutasi Sekaligus Balik Nama tentu ada syarat berupa berkas yang harus pemohon bawa untuk diserahkan kepada Petugas. Berikut berkas yang harus dibawa oelh pemohon:

  • Surat pemilik kendaraan (STNK) asli dan fotocopy
  • Buku pemilik kendaraan (BPKB) asli dan fotocopy
  • KTP pemilik lama asli dan fotocopy(untuk pemrosesan mutasi keluar)
  • KTP pemilik baru asli dan fotocopy
  • Hasil dari cek fisik kendaraan asli dan fotocopy
  • Kwitansi transaksi jual beli kendaraan bermaterai

Berkas yang disiapkan harus lengkap agar memudahkan petugas sekaligus agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Biaya Mutasi Sekaligus Balik Nama

Tentu terdapat biaya untuk melakukan mutasi sekaligus balik nama kendaraan. Biaya tersebut berbeda-beda tergantung jenis kendaraannya. Berikut rincian biaya yang harus di siapkan oleh pemohon yang akan melakukan mutasi dan balik nama:

Biaya Mutasi dan Balik Nama Motor

Rincian PembayaranTarif
Biaya cabut berkasRp. 150.000
Biaya pendaftaran balik namaRp. 75.000 – 100.000
Penerbitan STNK baruRp. 100.000
Penerbitan BPKBRp. 225.000
Penerbitan TNKBRp. 60.000
Biaya pengesahan STNK baruRp. 25.000
Biaya balik nama kendaraan bermotor (BBNKB)1% dari NJKB
Sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas (SWDKLJJ)Rp. 35.000
Pajak tahunan (PKB)Cek di STNK

Biaya Mutasi dan Balik Nama Mobil

Biaya mutasi sekaligus balik nama mobil adalah Rp. 250.000 + Balik nama Rp. 75.000-100.000 + STNK Rp. 200.000 + BPKB 375.000 + TNKB Rp. 100.000 + SWDKLJJ Rp. 143.000 + pajak tahunan.

Rincian PembayaranTarif
Biaya cabut berkasRp. 250.000
Biaya pendaftaran balik namaRp. 75.000 – 100.000
Penerbitan STNK baruRp. 200.000
Penerbitan BPKBRp. 375.000
Penerbitan TNKBRp. 100.000
Biaya pengesahan STNK baruRp. 50.000
Biaya balik nama kendaraan bermotor (BBNKB)1% dari NJKB
Sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas (SWDKLJJ)Rp. 143.000
Pajak tahunan (PKB)Cek di STNK

Cara dan Tahapan Mutasi Sekaligus Balik Nama

Bagi pemohon dapat melakukan proses mutasi sekaligus balik nama di kantor Samsat. Pemohon akan diarahkan oleh petugas untuk melakukan beberapa alur mutasi sekaligus balik nama. Berikut adalah cara balik nama kendaraan sekaligus mutase kendaraan bermotor.

  1. Datang ke Samsat Asal Kendaraan.

    Lakukan cabut berkas, pemohon harus datang ke kantor Samsat asal terlebih dahulu. Berkas yang harus dibawa untuk persyaratan yaitu KTP, STNK, BPKB beserta surat jual beli kendaraan bermaterai

  2. Melakukan Cek Fisik Kendaraan di Area Cek Fisik

    Lakukan cek fisik kendaraan. Cek fisik kendaraan dilakukan oleh petugas yang bekerja dengan melakukan gesek pada nomor mesin kendarann dan nomor rangka kendaraan pemohon.

  3. Menuju ke Loket Mutasi untuk cabut berkas

    Jika sudah menerima hasil cek fisik, maka akan diarahkan ke loket mutasi untuk melakukan proses selanjutnya yaitu pencabutan berkas. Pada loket mutasi pemohon akan diminta mengisi formulir yang tersedia, dan memberikan berkas yang disiapkan untuk di stempel.

  4. Menuju Loket Fiskal untuk melakukan transaksi pembayaran mutasi keluar

    Setelah di loket mutasi selesai, pemohon akan di arahkan untuk melakukan proses selanjutnya ke loket fiskal.
    Pada proses ini pemohon akan diminta membayar biaya mutasi sebesar Rp.150.000 (motor) sampai Rp250.000 (mobil). Jika kendaraan tersebut memiliki tunggakan pajak, maka Anda harus melunasinya terlebih dahulu.
    Setelah selasai petugas akan memberikan surat tanda terima.

  5. Kembali Menuju ke Loket Mutasi di Samsat Asal untuk pengambilan berkas (proses 3-7 hari)

    Selanjutnya datang Kembali ke loket mutasi di samsat awal untuk mengambil dokumen cabut berkas sesuai dengan jadwal yang tertulis pada surat tanda terima atau sesuai dengan informasi petugas. Jangan lupa surat tersebut harus dibawa untuk pengambilan berkas.

  6. Menuju ke Samsat Tujuan

    Proses selanjutnya pemohon datang ke Samsat tujuan dengan membawa semua berkas yang diterima dari Samsat asal kendaraan. Pemohon harus memastikan kelengkapan berkas dan menyiapkan biaya untuk pembayaran pendaftaran dan lain-lain.

  7. Melakukan Cek Fisik Kendaraan di Area Cek Fisik

    Setelah berada di samsat tujuan, pemohon segera menuju ke area cek fisik kendaraan yang sudah tersedia. Pengecekan akan dilakukan oleh petugas. Setelah itu pemmohon akan diberikan hasil cek fisik kendaraan.

  8. Menuju Loket Mutasi Samsat Tujuan untuk pendaftaran mutasi masuk

    Setelah hasil cek fisik diterima, pemohon akan diarahkan menuju loket mutasi. Pemohon memberikan berkas yang sudah disiapkan dan melakukan pengisian formulir yang diberikan oleh petugas loket mutasi. Petugas akan memeriksa kesesuaian berkas-berkas tersebut.

  9. Laporkan Jika Anda ingin Mutasi Sekaligus Balik Nama

    Jika pemohon akan melakukan balik nama, pemohon harus memberitahukan kepada petugas saat berada di loket mutasai. Petugas akan mengarahkan menuju loke SPOPD untuk proses selanjutnya.

  10. Menuju loket SPOPD untuk pengisian formulir balik nama

    Di loket SPOPD pemohon akan di berika formulir permohonan balik nama. Pastikan data yang di isi pada formulir harus benar dan sesuai dengan data kendaraan serta data diri

  11. Menuju Loket Balik Nama untuk penyerahan berkas

    Setelah melakukan pengisian formulir, petugas akan mengarahkan menuju loket balik nama untuk menyerahkan berkas yang disiapkan pemohon beserta formulir pengajuan balik nama kendaraan.

  12. Menuju Loket pembayaran dan bayar seluruh tagihan mutasi masuk dan balik nama.

    Setelah pengumpulan berkas selesai, pemohon akan diarahkan ke loket pembayaran. Tahapan ini pemohon diminta untuk membayarkan biaya balik nama. Pembayaran bisa melalui tunai atau non tunai. Kemudian petugas memberikan surat tanda terima BPKB.

  13. Menuju ke loket Pengambilan STNK.

    Pengambilan STNK dan TNBK bisa langsung diambil pada hari itu juga.

  14. Lakukan pemgambilan BPKB (3 minggu setelah proses balik nama)

    Proses selanjutnya pemohon akan mengambil BPKB sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan, dengan membawa surat tanda terima sebagai sarat pengambilan. Waktu pengambilan BPKB biasanya sekitar 3 minggu setelah pengajuan balik nama.

Download Aplikasi pajak kendaraan online