Cek Pajak Agam : Tarif Pajak Dan Denda

Tarif pajak kendaraan diberikan sesuai tipe, tahun produksi, asal wilayah, serta harga jual kendaraan. Oleh karena itu, tarif pajak kendaraan yang diberikan berbeda – beda. Untuk memudahkan pemilik kendaraan mengecek tarif pajak, dalam artikel “Cek Pajak Agam” kami akan menjelaskan cara mudah cek tarif pajak, dan denda pajak.

Pajak Agam adalah tarif pajak yang harus dibayarkan setiap tahunnya oleh pemilik kendaraan asal Agam di Kantor Samsat.

Daftar isi :

Advertisements
Advertisements
  1. Cek Pajak Kendaraan Agam Asal Agam Melalui Aplikasi Cek Pajak
  2. Cara Cek Info Pajak Kendaraan Agam Via SMS
  3. Cek Info Pajak Kendaraan Agam Melalui Website
  4. Cek Denda Pajak Kendaraan Secara Online

1, Cek Pajak Kendaraan Agam Asal Agam Melalui Aplikasi Cek Pajak

Pengecekan pajak kendaraan dapat dilakukan secara online melalui Aplikasi Cek Pajak. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang dibuat untuk mengecek tarif pajak kendaraan, dan data kendaraan sesuai nomor plat/nomor polisi, dan wilayah asal kendaraan.

Aplikasi Cek Pajak terhubung dengan layanan e-samsat, sehingga data yang diberikan aplikasi ini sama seperti data yang tercatat di dinas terkait. Data kendaraan yang bisa Anda dapatkan dari Aplikasi Cek Pajak, antara lain nomor polisi, warna, merk, tahun pembuatan, dan tarif pajak.

Di bawah ini contoh tampilan pada saat mengecek pajak kendaraan melalui Aplikasi Cek Pajak.

Cek-Pajak-Agam

Bagi Anda yang ingin mengecek pajak kendaraan Aplikasi Cek Pajak, silahkan download Aplikasi Cek Pajak melalui tombol Download Aplikasi Cek Pajak di bawah ini.

Untuk mengecek pajak kendaraan asal Agam, Provinsi Sumatera Barat melalui Aplikasi Cek Pajak, Anda perlu menyiapkan nomor plat kendaraan.

Berikut langkah – langkah cek pajak kendaraan melalui Aplikasi Cek Pajak.

  1. Buka Aplikasi Cek Pajak yang sudah Anda install di handphone
  2. Kemudian, pilih salah satu menu asal daerah kendaraan (untuk pengecekan kendaraan asal Agam, silahkan Anda pilih menu Sumatera Barat)
  3. Tuliskan nomor plat kendaraan/nomor polisi dengan benar
  4. Klik tombol “Proses”

2. Cara Cek Info Pajak Kendaraan Agam Via SMS

Pengecekan tarif pajak kendaraan asal Agam dapat dilakukan via SMS. Namun, pengecekan via SMS hanya akan memberikan info tarif pajak tahunan.

Berikut cara cek pajak kendaraan asal Agam via SMS.

  • Silahkan buka menu pesan pada handphone Anda
  • Tulis pesan SMS dengan format : PKB#Nomor Polisi. Contoh : PKB#BA 1891 AKN
  • Kemudian, kirimkan SMS tersebut ke nomor 0811 6941 555
  • Tunggu sebentar, dan Anda akan mendapatkan pesan balasan yang berisi tarif pajak kendaraan

Keterangan : Untuk mendapatkan info pajak kendaraan melalui SMS, Anda akan dikenakan tarif SMS standar.

3. Cek Info Pajak Kendaraan Agam Melalui Website

Cek pajak kendaraan asal Agam dapat Anda lakukan secara online melalui website dpkd.sumbarprov.go.id. Sebelum melakukan pengecekan tarif pajak melalui website, siapkan nomor plat kendaraan yang akan dicek.

Berikut cara cek pajak kendaraan asal Agam melalui website.

  1. Tulis alamat URL dpkd.sumbarprov.go.id pada kotak penelusuran
  2. Kemudian, tekan enter untuk masuk ke laman beranda
  3. Pilih menu Info Publik > Info PKB
  4. Tuliskan nomor plat kendaraan pada kolom “Informasi Pajak Kendaraan Bermotor”
  5. Klik tombol “Proses”

4. Cek Denda Pajak Kendaraan Secara Online

Denda pajak kendaraan hanya akan diberikan kepada pemilik kendaraan yang terlambat membayar pajak lebih dari 1 hari. Denda pajak diberikan sebagai sanksi hukuman akibat lalai dalam membayar pajak kendaraan. Tarif denda pajak yang diberikan disesuaikan dengan lama waktu penundaan pembayaran dan tarif pajak kendaraan.

Ketika Anda terkena denda pajak, bukan hanya denda pajak pokok yang harus Anda bayarkan, tetapi juga denda SWDKLLJ. Namun, hitungan pemberian denda pajak pokok dan SWDKLLJ berbeda, denda pajak pokok dihitung perbulan, sedangkan denda SWDKLLJ diberikan pertahun.

Apabila Anda terkena denda pajak kendaraan, dan ingin menghitungnya sendiri, Anda dapat menggunakan Kalkulator Denda Pajak berikut ini.

Kalkulator Denda Pajak di atas dapat Anda gunakan secara gratis, dan untuk mendapatkan info tarif denda pajak, Anda cukup memasukkan tarif pajak tahunan, dan jumlah waktu penundaaan pembayaran pada kolom yang telah disediakan. Namun, untuk saat ini Kalkulator Denda Pajak di atas hanya bisa digunakan untuk pengecekan tarif denda pajak kendaraan roda empat.

Selain dapat diakses secara langsung di laman artikel ini, Kalkulator Denda Pajak juga dapat Anda akses melalui Aplikasi Cek Pajak yang telah Anda download melalui tombol Download Aplikasi Cek Pajak dia atas.

Dikarenakan denda pajak dapat membuat tarif pajak kendaraan menjadi mahal, sebaiknya Anda menghindari terkena denda pajak dengan beberapa cara berikut ini.

  • Bayar tarif pajak kendaraan sebelum waktu jatuh tempo
  • Tabung uang setiap bulan untuk membayar pajak kendaraan
  • Manfaatkan program pemutihan denda pajak.
Download Aplikasi pajak kendaraan online