Cek Pajak Batang : Tarif Pajak Dan Denda

Pembayaran pajak kendaraan wajib dilakukan setiap setahun dan 5 tahun sekali sesuai tagihan yang diberikan oleh Kantor Samsat. Untuk mengetahui berapa nominal pajak kendaraan yang diberikan, Anda dapat mengeceknya secara online via website, Aplikasi Cek Pajak, dan SMS yang akan kami jelaskan cara penggunaanya pada artikel “Cek Pajak Batang” berikut ini.

Pajak Batang adalah biaya pajak yang wajib dibayarkan oleh pemilik kendaraan asal Batang setiap tahun di Kantor Samsat sesuai tagihan yang diberikan.

Daftar isi :

Advertisements
Advertisements
  1. Cek Pajak Kendaraan Asal Batang Via Aplikasi Cek Pajak
  2. Cara Cek Tarif Pajak Kendaraan Asal Batang Via SMS
  3. Cek Pajak Kendaraan Asal Batang Melalui Website
  4. Cara Hitung Denda Pajak Kendaraan Secara Online

1. Cek Pajak Kendaraan Asal Batang Via Aplikasi Cek Pajak

Untuk mengetahui nominal pajak kendaraan yang harus dibayarkan oleh seorang wajib pajak di Kantor Samsat, Anda dapat mengeceknya secara online via Aplikasi Cek Pajak.

Selain memberikan informasi nominal pajak kendaraan, aplikasi ini juga memberikan info data kendaraan, dan menyediakan alat penghitung denda pajak yang bernama Kalkulator Denda Pajak.

Aplikasi Cek Pajak akan memberikan informasi pajak kendaraan sesuai data yang telah tercatat di Dinas Terkait, karena aplikasi ini terhubung dengan e-samsat daerah di Indonesia. Jadi, Anda tidak perlu ragu lagi jika mengecek pajak kendaraan melalui aplikasi ini.

Berikut tampilan hasil cek pajak kendaraan via Aplikasi Cek Pajak.

Cek-Pajak-Batang

Dari gambar tampilan tersebut, kita dapat mengetahui bahwa informasi yang diberikan Aplikasi Cek Pajak pada saat pengecekan tarif pajak kendaraan meliputi data kendaraan, tarif pajak, serta tanggal pembayaran pajak.

Apabila Anda ingin mendapatkan nformasi pajak seperti gambar di atas, Anda harus download Aplikasi Cek Pajak terlebih dahulu dengan cara klik tombol “Download Aplikasi Cek Pajak” berikut.

Cara pengecekan pajak kendaraan asal batang secara online via Aplikasi Cek Pajak, sebagai berikut.

  1. Silahkan Anda install Aplikasi Cek Pajak pada smartphone
  2. Jika proses penginstalan telah selesai, buka Aplikasi Cek Pajak
  3. Lalu, klik menu Jawa Tengah untuk memulai proses pengecekan tarif pajak
  4. Kemudian, isi NIK, dan data kendaraan seperti nomor polisi, dan rangka pada kolom yang telah disediakan
  5. Pilih warna TNKB/plat kendaraan yang digunakan
  6. Jangan lupa untuk menginputkan kode captcha dengan benar
  7. Klik “Cari”, maka hasil pengecekan tarif pajak kendaraan Anda akan segera ditampilkan

2. Cara Cek Tarif Pajak Kendaraan Asal Batang Via SMS

Beberapa daerah di Indonesia, tarif pajak kendaraannya dapat dicek melalui pesan SMS. Salah satunya  adalah kendaraan yang berasal dari Batang dan sekitarnya yang termasuk dalam Provinsi Jawa Tengah.

Cara pengecekan pajak kendaraan asal Batang melalui SMS cukup mudah, Anda hanya perlu menuliskan pesan SMS dengan format : JATENG (spasi) Nomor Polisi, lalu kirimkan ke nomor 9600.

Setelah Anda mengirimkan pesan tersebut, harap tunggu sebentar dan Anda akan mendapatkan pesan balasan tarif pajak kendaraan.

3. Cek Pajak Kendaraan Asal Batang Melalui Website

Pajak kendaraan asal Batang dapat Anda cek secara online melalui website bapenda.jatengprov.go.id. Untuk melakukan pengecekan pajak kendaraan melalui website, Anda siapkan terlebih dahulu data kendaraan seperti nomor rangka, dan nomor polisi. Selain itu, siapkan juga data diri Anda berupa NIK.

Berikut cara cek pajak keendaraan asal Batang secara online melalui website.

  1. Buka aplikasi browser atau google.com yang terdapat pada smartphone/PC
  2. Kemudian, tuliskan alamat URL bapenda.jatengprov.go.id pada kolom pencarian
  3. Tekan tombol enter, dan Anda akan masuk ke laman beranda website tersebut
  4. Klik menu Informasi > Info Pajak Kendaraan
  5. Lalu Anda akan diminta untuk mendownload aplikasi sakpole yang tersedia di google play store
  6. Setelah proses download selesai, lakukan pendaftaran secara online
  7. Masukkan data kendaraan dan NIK pada kolom yang telah disediakan
  8. Pilih warna TNKB/plat kendaraan
  9. Klik “Cari” untuk menampilkan info pajak kendaraan

4. Cara Hitung Denda Pajak Kendaraan Secara Online

Pemilik kendaraan bermotor yang mengalami keterlambatan membayar pajak, akan menyebabkan pemilik kendaraan tersebut terkena sanksi denda pajak. Sanksi ini diberikan setelah lebih dari 1 hari Anda menunda pembayaran pajak dari waktu yang ditetapkan.

Nominal tarif denda pajak yang harus Anda bayarkan itu disesuaikan dengan lama waktu penundaan pembayaran, dan biaya pajak tahunan. Untuk mengetahui berapa biaya denda pajak kendaraan yang harus Anda bayarkan, Anda dapat menghitungnya melalui Kalkulator Denda Pajak berikut.

Selain info denda pajak, melalui Kalkulator Denda Pajak Anda dapat mengetahui total keseluruhan biayapajak kendaraan yang harus dibayarkan. Kalkulator Denda Pajak juga dapat Anda akses via Aplikasi Cek Pajak yang dapat Anda unduk melalui tombol “Download Aplikasi Cek Pajak”.

Download Aplikasi pajak kendaraan online