Cek Pajak Jakarta : Tarif Pajak Dan Denda

Pajak kendaraan yang berasal dari wilayah Jakarta, baik Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Utara, ataupun Jakarta Selatan, dapat Anda cek melalui berbagai jenis layanan online seperti Aplikasi Cek Pajak, SMS, dan website. Penggunaan layanan cek pajak online ini akan membantu Anda lebih cepat dan praktis untuk mengetahui tarif pajak yang harus Anda bayarkan.

Pajak Jakarta adalah tarif pajak yang wajib dibayarkan oleh pemilik kendaraan asal wilayah Jakarta setiap tahun di Kantor Samsat.

Pada artikel “Cek Pajak Jakarta”, kami membahas tentang :

  1. Cek Tarif Pajak Kendaraan Asal Jakarta Online Via Aplikasi Cek Pajak
  2. Cek Tarif Pajak Kendaraan Asal Jakarta Melalui SMS
  3. Cek Pajak Kendaraan Asal Jakarta Via Website
  4. Cara Hitung Denda Pajak Kendaraan Secara Online

1. Cek Tarif Pajak Kendaraan Asal Jakarta Online Via Aplikasi Cek Pajak

Untuk dapat mengecek pajak kendaraan dari wilayah Jakarta secara online, Anda dapat menggunakan layanan yang diberikan oleh Aplikasi Cek Pajak.

Aplikasi Cek Pajak memiliki layanan cek pajak kendaraan sesuai asal kendaraan, serta data kendaraan yang diinputkan. Seluruh informasi yang akan diberikan layanan Aplikasi Cek Pajak dapat dijamin keakuratannya, karena secara langsung aplikasi ini telah terhubung dengan layanan e-samsat beberapa daerah di Indonesia termasuk Jakarta.

Dengan memanfaatkan layanan yang diberikan oleh Aplikasi Cek Pajak, Anda akan lebih cepat dan praktis mengetahui tarif pajak kendaraan yang harus dibayarkan. Selain itu, Aplikasi ini juga dilengkapi dengan layanan cek denda pajak, sehingga aplikasi ini tergolong aplikasi yang cukup lengkap sebagai sarana pengecekan tarif pajak.

Berikut contoh tampilan info pajak kendaraan yang diberikan oleh Aplikasi Cek Pajak.

Cek-Pajak-Jakarta

Berdasarkan gambar di atas, dapat diketahui informasi apa saja yang dapat Anda dapat jika melakukan cek pajak menggunakan Aplikasi Cek Pajak, antara lain merk, model, nominal tarif pajak, SWDKLLJ, masa berlaku pembayaran pajak, dan lain sebagainya. Jenis informasi apa saja yang akan disampaikan oleh Aplikasi Cek Pajak disesuaikan dengan daerah asal kendaraan.

Aplikasi Cek Pajak dapat Anda akses secara gratis dengan cara mendownloadnya melalui tombol berikut ini.

Jika Anda telah selesai mendownload dan menginstal Aplikasi Cek Pajak di smartphone, Anda dapat menggunakan aplikasi tersebut dengan cara mengikuti petunjuk penggunaan Aplikasi Cek Pajak berikut ini.

  • Siapkan data kendaraan seperti nomor plat, dan NIK pemilik kendaraan
  • Selanjutnya, buka Aplikasi Cek Pajak yang terinstal di smartphone
  • Klik menu Jakarta, untuk cek pajak kendaraan yang berasal dari wilayah Jakarta
  • Isikan data kendaraan dan NIK yang telah Anda persiapkan pada kotak yang telah tersedia
  • Centang pernyataan “I’am not a robot”
  • Setelah itu, klik “Cari” untuk mendapatkan hasil cek pajak kendaraan

2. Cek Tarif Pajak Kendaraan Asal Jakarta Melalui SMS

Selain dapat dicek secara online melalui Aplikasi Cek Pajak, pajak kendaraan asal wilayah Jakarta dapat Anda cek melalui layanan pesan SMS. Untuk melakukan cek pajak kendaraan via SMS, Anda hanya perlu mempersiapkan nomor plat kendaraan.

Di bawah ini cara cek tarif pajak kendaraan asal Jakarta melalui layanan SMS.

  • Buka menu layanan SMS yang tersedia di handphone Anda
  • Tulis SMS dengan format : Info (spasi) Ranmor (spasi) Nomor Polisi/Nomor Plat
  • Selanjutnya, kirim SMS tersebut ke nomor 8893

3. Cek Pajak Kendaraan Asal Jakarta Via Website

Layanan online lain untuk mengecek tarif pajak kendaraan dari wilayah Jakarta yang dapat Anda gunakan adalah via website samsat-pkb2.jakarta.go.id.

Di bawah ini petunjuk cara cek pajak kendraaan yang berasal dari Jakarta via website.

  • Buka aplikasi browser yang tersedia di smartphone atau PC Anda
  • Tuliskan alamat URL samsat-pkb2.jakarta.go.id pada kolom pencarian
  • Lalu, tekan tombol enter
  • Isikan data kendaraan serta NIK pemilik kendaraan
  • Centang penyataan “I am not a robot”
  • Klik tombol “Cari”

4. Cara Hitung Denda Pajak Kendaraan Secara Online

Bagi Anda pemilik kendaraan bermotor yang sedang mengalami keterlambatan pembayaran pajak, maka Anda akan mendapatkan sanksi dari instansi terkait berupa pembayaran denda pajak.

Besarnya tarif denda pajak yang dibayarkan sebagai sanksi tersebut telah disesuaikan dengan nominal pajak pokok tahunan, dan jumlah waktu penundaan pembayaran pajak dari jadwal yang telah ditetapkan.

Apabila Anda ingin menghitung berapa tarif denda yang harus Anda bayarkan, Anda dapat menghitungnya menggunakan Kalkulator Denda Pajak berikut.

Kalkulator Denda Pajak yang telah kami sediakan di atas akan membantu Anda mengetahui biaya denda pajak, serta total biaya pajak kendaraan secara lansung. Kalkulator tersebut juga dapat Anda akses melalui Aplikasi Cek Pajak yang telah Anda download melalui tombol Download Aplikasi Cek Pajak.

Download Aplikasi pajak kendaraan online