Cek Pajak Kudus : Tarif Pajak Dan Denda

Salah satu upaya peningkatan pelayanan yang pemerintah berikan kepada pemilik kendaraan adalah pengecekan pajak kendaraan yang dapat dilakukan secara online. Untuk itu, agar masyarakat Kudus lebih mudah cek pajak kendaraan secara online, kami akan memberikan tata caranya pada artikel “Cek pajak Kudus” berikut.

Pajak Kudus adalah biaya pajak kendaraan asal Kudus yang wajib dibayarkan oleh pemiliknya setiap tahun di Kantor Samsat.

Daftar isi :

  1. Cek Pajak Kendaraan Asal Kudus Secara Online Via Aplikasi Cek Pajak
  2. Cara Cek Pajak Kendaraan Kudus Melalui Pesan SMS
  3. Cara Cek Pajak Kendaraan Kudus Melalui Website
  4. Cek Tarif Denda Pajak Kendaraan Kudus Via Kalkulator Denda Pajak

1. Cek Pajak Kendaraan Asal Kudus Secara Online Via Aplikasi Cek Pajak

Setelah adanya peningkatan pelayanan yang dibuat oleh pemerintah, kami membuat sebuah inovasi aplikasi untuk melakukan pengecekan pajak kendaraan yang bernama Aplikasi Cek Pajak.

Aplikasi Cek Pajak dibuat dengan tujuan untuk memudahkan para wajib pajak mengetahui tarif pajak yang harus mereka bayarkan. Cara kerja aplikasi ini yaitu mengecek pajak kendaraan berdasarkan asal wilayah kendaraan, dan data yang diinputkan (nomor rangka, nomor plat, serta NIK).

Keakuratan informasi yang diberikan oleh Aplikasi Cek Pajak dapat dijamin, karena salah satu keunggulan dari aplikasi ini adalah dapat terhubung dengan layanan e-samsat yang dibuat pemerintah, sehingga info yang disampaikan akan sama dengan data dinas terkait.

Berikut contoh tampilan hasil pengecekan pajak kendaraan yang diberikan oleh Aplikasi Cek Pajak.

Cek-Pajak-Kudus

Selain memiliki sistem layanan pengecekan pajak kendaraan secara online, Aplikasi Cek Pajak juga dilengkapi dengan layanan penghitung denda pajak yang bernama Kalkulator Denda Pajak. Kalkulator ini dapat menghitung tarif denda pajak kendaraan secara langsung, sehingga Anda tidak perlu bersusah payah menghitungnya secara manual.

Jika Anda tertarik dan ingin mencoba Aplikasi Cek Pajak sebagai sarana pengecekan tarif pajak kendaraan secara online, silahkan Anda download melalui tombol berikut.

Langkah – langkah cek pajak kendaraan secara online via Aplikasi Cek Pajak, sebagai berikut.

  1. Lakukan pemasangan/penginstalan Aplikasi Cek Pajak di smartphone Anda
  2. Buka Aplikasi Cek Pajak yang telah Anda install
  3. Setelahnya, pilih salah satu menu asal daerah kendaraan. Untuk cek pajak kendaraan Kudus, klik menu Jawa Tengah
  4. Masukkan data kendaraan dan NIK pada kolom yang tersedia
  5. Kemudian, pilih warna TNKB yang digunakan kendaraan
  6. Masukkan kode pengaman/kode captcha
  7. Setelah itu, klik tombol “Cari”

Catatan : Sebelum melakukan pengecekan pajak via Aplikasi Cek Pajak, silahkan persiapkan terlebih dahulu data kendaraan (nomor plat, nomor rangka), dan NIK.

2. Cara Cek Pajak Kendaraan Kudus Melalui Pesan SMS

Tarif pajak kendaraan asal Kudus dapat Anda cek dengan mudah melalui pesan SMS, sehingga Anda tidak perlu jaringan internet untuk mengaksesnya. Sebelum Anda melakukan cek pajak kendaraan Kudus melalui Pesan SMS, persiapkan dahulu nomor plat kendaraan.

Berikut cara cek pajak kendaraan asal Kudus melalui pesan SMS.

  • Buka layanan pesan SMS yang tersedia di handphone Anda
  • Ketik pesan SMS dengan format : JATENG (spasi) Nomor Plat Kendaraan
  • Kirim SMS ke nomor 9600

3. Cara Cek Pajak Kendaraan Kudus Melalui Website

Pengecekan pajak kendaraan asal Kudus dapat Anda lakukan secara online melalui sebuah website bapenda.jatengprov.go.id. Untuk melakuakn cek tarif pajak melalui website, Anda harus mempersiapkan data kendaraan meliputi nomor rangka, nomor plat, serta NIK pemilik kendaraan.

Berikut cara cek pajak kendaraan asal Kudus melalui website.

  1. Silahkan Anda buka aplikasi browser
  2. Ketikkan di kolom penelusuran alamat URL bapenda.jatengprov.go.id, lalu tekan tombol enter
  3. Kemudian, pilih menu Informasi, dan klik menu Informasi Pajak Kendaraan
  4. Setelahnya, Anda akan diminta untuk download Aplikasi Sakpole
  5. Download aplikasi tersebut, dan install pada smartphone Anda
  6. Lakukan pendaftaran untuk dapat mengakses aplikasi tersebut
  7. Isikan data kendaraan, dan NIK pemilik kendaraan
  8. Selanjutnya, pilih warna plat kendaraan
  9. Klik “Cari”

4. Cek Tarif Denda Pajak Kendaraan Kudus Via Kalkulator Denda Pajak

Pemilik kendaraan asal Kudus yang terlambat membayar pajak kendaraan, maka akan dikenakan sanksi pembayaran denda pajak.

Besarnya tarif denda yang harus dibayarkan tersebut tergantung dengan lama waktu keterlambatan yang dihitung per bulan, dan jumlah tarif pajak tahunan. Selain denda pajak pokok, ketika Anda dikenakan sanksi denda pajak, Anda juga harus membayar denda SWDKLLJ.

Apabila Anda salah satu wajib pajak yang terkena denda pajak, dan ingin mengetahui nominal tarif denda pajak yang diberikan, Anda dapat menggunakan Kalkulator Denda Pajak berikut ini.

Kalkulator Denda Pajak di atas memang kami sajikan bagi Anda ynag ingin menghitung tarif denda pajak dengan mudah. Kalkulator ini dapat digunakan untuk menghitung kendaraan asal dari manapun, dan untuk mengakses Kalkulator Denda Pajak Anda hanya perlu menginputkan biaya pajak tahunan, dan jumlah bulan keterlambatan.

Download Aplikasi pajak kendaraan online