Cek Pajak Lombok : Tarif Pajak Dan Denda

Cek pajak kendaraan online kini dapat Anda lakukan melalui beberapa jenis layanan, seperti website, dan Aplikasi Cek Pajak. Melalui layanan cek pajak online tersebut, Anda akan lebih cepat mendapatkan info pajak kendaraan. Untuk memudahkan Anda menggunaakan layanan cek pajak, pada artikel ini kami akan menjelaskan cara akses layanan tersebut, serta cara pembayaran pajak kendaraan.

Pajak Lombok adalah tarif pajak yang wajib dibayarkan oleh pemilik kendaraan asal Lombok setiap tahun di Kantor Samsat.

Daftar Isi :

  1. Cek Tarif Pajak Kendaraan Asal Lombok Online Via Aplikasi Cek Pajak
  2. Cek Tarif Pajak Kendaraan Asal Lombok Online Via Website
  3. Cek Denda Pajak Kendaraan Asal Lombok Secara Online
  4. Cara Bayar Pajak Kendaraan Asal Lombok Via ATM

1. Cek Tarif Pajak Kendaraan Asal Lombok Online Via Aplikasi Cek Pajak

Pemilik kendaraan asal Lombok dapat mengecek tarif pajak kendaraan melalui sebuah aplikasi  yang memiliki sistem layanan online cek pajak kendaraan. Aplikasi yang dimaksud tersebut bernama Aplikasi Cek Pajak.

Dengan menggunakan Aplikasi Cek Pajak, Anda akan mendapatkan informasi pajak secara online dan praktis, karena aplikasi ini dapat Anda akses menggunakan smartphone.

Sistem layanan Aplikasi Cek Pajak memiliki koneksi dengan layanan e-samsat beberapa daerah di Indonesia, sehingga Informasi yang diberikan pada aplikasi ini sesuai dengan data yang tercatat di dinas terkait, oleh sebab itu Anda tidak perlu ragu lagi akan kebenarannya.

Informasi kendaraan asal Lombok yang bisa Anda dapatkan melalui Aplikasi Cek Pajak, antara lain nama pemilik kendaraan, merek, jenis, tahun pembuatan, warna, tarif pajak, masa berlaku STNK, dan lain sebagainya.

Berikut contoh tampilan hasil pengecekan pajak kendaraan via Aplikasi Cek Pajak.

Cek-Pajak-Lombok

Keterangan : Pada tampilan di atas tarif pajak yang diperlihatkan belum termasuk tarif SWDKLLJ dan PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak)

Apabila Anda ingin mendapatkan informasi pajak, dan data kendaraan seperti contoh gambar di atas, silahkan Anda download Aplikasi Cek Pajak melalui tombol berikut.

Setelah Anda mendownload Aplikasi Cek Pajak, untuk dapat mengaksesnya Anda perlu menginstal aplikasi tersebut di smartphone, dan siapkan nomor plat kendaraan yang ingin Anda cek.

Cara penggunaan Aplikasi Cek Pajak, sebagai berikut.

  1. Silahkan buka Aplikasi Cek Pajak yang telah Anda install
  2. Lalu, buka Aplikasi Cek Pajak
  3. Kemudian, pilih salah satu menu wilayah (sesuaikan dengan asal wilayah kendaraan). Jika Anda ingin cek pajak kendaraan yang berasal dari Lombok, silahakan klik menu” Nusa Tenggara Barat”
  4. Setelah itu, masukkan nomor plat kendaraan pada kotak yang telah tersedia dengan format Kode Daerah – Nomor Polisi  – Kode Wilayah
  5. Klik tombol “Info”, untuk mendapatkan informasi tarif pajak kendaraan

Catatan : Aplikasi Cek Pajak dapat Anda gunakan untuk mengecek pajak kendaraan dari daerah lain, karena pada aplikasi ini tedapat menu pilihan daerah asal kedaraan.

2. Cek Tarif Pajak Kendaraan Asal Lombok Online Via Website

Layanan online lain yang dapat Anda gunakan sebagai sarana untuk mengecek pajak kendaraan yang berasal dari Lombok adalah via website bappenda.ntbprov.go.id.

Untuk petunjuk cara penggunakan cek pajak kendaraan asal Lombok via website, sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi layanan internet di smartphone/PC Anda
  2. Tulis alamat URL bappenda.ntbprov.go.id
  3. Kemudian tekan tombol Enter untuk masuk ke laman beranda
  4. Pilih menu Informasi > Info PKB
  5. Isikan nomor plat kendaraan yang akan Anda cek pada kolom yang telah disediakan
  6. Tekan tombol “Info” untuk menampilkan hasil cek tarif pajak

3. Cek Denda Pajak Kendaraan Asal Lombok Secara Online

Bagi Anda yang tidak ingin membayar pajak kendaraan dengan tarif yang mahal, maka lakukan pembayaran pajak tepat waktu. Hal ini dikarenakan, jika Anda melakukan pembayaran pajak melebihi waktu yang ditentukan oleh dinas terkait, maka Anda akan mendapatkan sanksi berupa pembayaran denda pajak.

Pembayaran denda pajak akan membuat Anda membayar tarif pajak kendaraan lebih mahal dari biasanya. Besarnya tarif denda pajak yang diberikan tersebut tergantung dengan jumlah waktu Anda menunda pembayaran pajak, dan jumlah tarif pajak pokok.

Jika Anda terkena sanksi denda pajak, dan penasaran berapa jumlah tarif denda pajak yang harus dibayarkan, Anda dapat menghitungnya secara online menggunakan Kalkulator Denda Pajak berikut.

Cara penggunaan Kalkulator Denda Pajak di atas cukup mudah, karena Anda cukup memasukkan tarif pajak pokok tahunan, dan lama waktu penundaan pembayaran pajak.

Catatan : Kalkulator Denda Pajak dapat digunakan untuk menghtung tarif denda pajak kendaraan yang berasal dari daerah lain, tidak hanya wilayah Lombok.

4. Cara Bayar Pajak Kendaraan Asal Lombok Via ATM

Pembayaran pajak kendaraan asal Lombok via ATM, mewajibkan Anda untuk memiliki kartu ATM Bank NTB dengan data diri yang sama dengan data kendaraan, dan waktu pembayaran pajak belum masuk tanggal jatuh tempo. Pembayaran pajak kendaraan via ATM dapat dilakukan lebih awal (maksimal 3 bulan) sebuelum tanggal jatuh tempo.

Sebelum Anda melakukan pembayaran pajak, pastikan Anda telah memiliki kode bayar. Kode bayar bisa Anda dapatkan melalui SMS Gateway.

Berikut cara mendapatkan kode bayar dan cara bayar pajak kendaraan asal Lombok via ATM.

  • Ketik SMS dengan format : ESAMSAT (spasi) Nomor Plat Kendaraan (spasi) Nomor Mesin
  • Kemudian, kirim pesan SMS ke nomor 081 233 934 000
  • Setelah itu, Anda akan mendapatkan SMS balasan yang berisi kode bayar
  • Selanjutnya, lakukan pembayaran pajak di ATM
  • Lakukan proses pembayaran pajak dengan memasukkan kode pembayaran
  • Simpan struk pembayaran untuk di bawa ke Kantor Samsat untuk proses pengesahan STNK.
Download Aplikasi pajak kendaraan online