Cek Pajak Purbalingga : Tarif Pajak Dan Denda

Pembayaran pajak kendaraan bermotor yang didaftarkan pada wilayah Purbalingga dilakukan setiap satu tahun sekali dengan tarif pajak yang diketahui setelah dihitungkan melalui Aplikasi Cek Pajak, website wilayah, hingga SMS berbayar.

Pajak Purbalingga adalah iuran wajib dari pemilik kendaraan wilayah Purbalingga kepada dinas terkait dengan tarif yang ditentukan dari tipe dan tahun produksi kendaraan.

Daftar isi dalam artikel

Advertisements
Advertisements
  1. Cara Cek Tarif Pajak Kendaraan Asal Purbalingga Melalui Aplikasi Cek Pajak
  2. Cek Nominal Pajak Kendaraan Asal Purbalingga Via Website Wilayah
  3. Cara Cek Biaya Pajak Kendaraan Asal Purbalingga Menggunakan SMS Berbayar
  4. Hitung Denda Pajak Kendaraan Asal Purbalingga Secara Online

Cara Cek Tarif Pajak Kendaraan Asal Purbalingga Melalui Aplikasi Cek Pajak

Berdasarkan aturan yang ditetapkan dalam Undang-Undang pemberlakuan pajak kendaraan asal Purbalingga mulai 1,5% hingga 2% dari nilai jual kendaraan wilayah Purbalingga ketika kondisi baru. Selain itu pemilik kendaraan juga harus membayarkan iuran SWDKLLJ serta iuran parkir berlangganan.

Jika anda menghitungkannya secara manual tentunya akan sedikit rumit maka dari itu lebih baik hitungkan tarif pajak kendaraan menggunakan Aplikasi Cek Pajak secara online. Ketika menggunakan aplikasi tersebut maka anda akan mendapatkan informasi pajak tahunan, lima tahunan, maupun biaya balik nama kendaraan secara lengkap disertai rincian setiap pembayaran.

Untuk keakuratan informasi data tersebut didapatkan dari samsat terkait yang dihubungkan melalui system dalam Aplikasi Cek Pajak. Untuk itu segera mendownload Aplikasi Cek Pajak dengan menekan tombol di bawah ini

Selian itu kami akan memberikan informasi cara penghitungan pajak kendaraan wilayah Purbalingga dengan menggunakan Aplikasi Cek Pajak di bawah ini

  1. Harap membuka Aplikasi Cek Pajak yang telah didownload
  2. Langsung pilih Provinsi wilayah domisili seperti Purbalingga dengan memilih Jawa Tengah
  3. Masukan informasi pemilik kendaraan meliputi nomor NIK
  4. Masukan pula nomor rangka kendaraan serta nomor polisi kendaraan
  5. Setelah itu pilih warna plat yang anda gunakan
  6. Jangan lupa memasukan kode pengaman yang telah disediakan
  7. Pilih cari
  8. Dan tunggu hingga mendapatkan informasi pajak kendaraan secara tepat disertai dengan rincian pembayaran seperti pada gambar di bawah ini
pajak-purbalingga

Untuk mendapatkan informasi pajak kendaraan secara tepat seperti ditampilkan pada gambar di atas perlu mendownload Aplikasi Cek Pajak melalui link yang tersedia di atas.

Cek Nominal Pajak Kendaraan Asal Purbalingga Via Website Wilayah

Bukan hanya menggunakan Aplikasi Cek Pajak yang memiliki hasil penghitungan yang tepat, anda juga bisa menghitungkan nominal pajak kendaraan asal wilayah Purbalingga melalui website wilayah setempat.

Sehingga berikut akan kami bagikan langkah-langkah dalam menghitungkan nominal pajak kendaraan wilayah Purbalingga dengan menggunakan website

  1. Kunjungi halaman dari website bapenda.jatengprov.go.id
  2. Setelah itu pilih menu informasi dan lanjutkan memilih info pajak kendaraan
  3. Anda akan diarahkan untuk mendownload aplikasi Sakpole
  4. Segera lakukan pengunduhan serta segera daftar untuk bisa mengakses aplikasi tersebut
  5. Masukan nomor plat kendaraan anda disertai dengan nomor rangka
  6. Pilih warna plat dan tekan cari
  7. Anda telah mendapatkan informasi nominal pajak anda
  8. Namun jika anda ingin melanjutkan pembayaran pajak secara online maka dapatkan kode bayar
  9. Lalu pilihlah cara pembayaran yang akan memudahkan anda
  10. Jangan lupa untuk megunduh bukti pembayaran dan melakukan pencetakan STNK yang baru di samsat terdekat

Perlu juga diketahui hasil penghitungan nominal pajak pokok melalui website wilayah akan diarahkan untuk mendownload aplikasi Sakpole maka lebih baik gunakan saja Aplikasi Cek Pajak yang telah disediakan pada bagian atas.

Cara Cek Biaya Pajak Kendaraan Asal Purbalingga Menggunakan SMS Berbayar

Untuk menghitungkan biaya pajak kendaraan wilayah asal Purbalingga juga masih disediakan metode penghitungan secara manual dengan mengirimkan SMS berbayar kepada dinas terkait.

Namun anda hanya akan memperoleh nominal biaya pajak kendaraan tanpa diinformasikan rincian setiap pembayaran seperti yang terdapat dalam Aplikasi Cek Pajak.

Meskipun begitu kami tetap memberikan informasi cara serta format dalam mengirimkan pesan penghitungan pajak kendaraan asal Purbalingga melalui SMS berbayar di bawah ini

  1. Buka tulis pesan dengan format penulisan JATENG (spasi) nomor polisi kendaraan
  2. Lalu kirim pesan tersebut menuju nomor 9600
  3. Tunggu beberapa saat hingga mendapatkan balasan pesan yang berisikan biaya pajak kendaraan anda

Hitung Denda Pajak Kendaraan Asal Purbalingga Secara Online

Setiap pelanggaran aturan untuk membayarkan pajak kendaraan secara tepat waktu maka dinas wilayah Purbalingga akan menerapkan denda pajak yang diberlakukan sejak keterlambatan pembayaran dua hari.

Bukan hanya denda pajak setiap pelanggar juga mendapatkan denda SWDKLLJ dan disetiap pembayaran denda diharuskan melunasi tunggakan pajak pokok hingga tunggakan SWDKLLJ.

Untuk menghitungkan nominal denda pajak secara keseluruhan disertai tunggakan maka hitungkan saja melalui Kalkulator Denda Pajak.

Bahkan anda tidak perlu mendownload hanya cukup memasukan nominal pajak pokok serta lama penunggakan pada kolom yang telah disediakan Kalkulator Denda Pajak di bawah ini

Download Aplikasi pajak kendaraan online